Susu Kedelai Tak Kalah Dengan Susu Sapi

Susu Kedelai Tak Kalah Dengan Susu Sapi

Jika harga susu sapi suatu hari membubung tinggi, susu kedelai dapat menjadi penggantinya. Karena mutu protein susu kedelai hampir sama dengan susu sapi. Dengan meminum dua gelas susu kedelai , kita sudah dapat memenuhi 30% dari kebutuhan protein sehari kita. Zaman dahulu, susu kedelai sudah dibuat di negeri Cina. Kemudian berkembang hungga ke Jepang serta masuk ke Asia Tenggara. Perkembangan dari susu kedelai di Indonesia saat ini masih ketinggalan dari Singapura, Malaysia, serta Filipina. Di Filipina dikenal susu kedelai populer dengan nama produk “Philsoy”. Di Indonesia baru beberapa tahun terakhir ini dikenal susu kedelai dalam kemasan kotak yang diproduksi oleh beberapa industri minuman.

Komposisi gizi susu kedelai hampir sama dengan komposisi gizi dari susu sapi. Oleh karena itu, susu kedelai kebanyakan digunakan sebagai pengganti dari susu sapi. Susu kedelai baik untuk dikonsumsi oleh orang yang alergi terhadap susu sapi, atau biasanya disebut orang-orang yang tidak mempunyai atau kurang enzim laktase didalam saluran pencernaannya. sehingga menyebabkan tidak mampunya mencerna laktosa didalam susu sapi. Enzim Laktosa susu sapi yang lolos dan menuju usus besar, akan dicerna jasad oleh renik. Sehingga, orang yang tidak toleran pada laktosa akan menderita diare setiap minum susu sapi. Pada umumnya, orang dewasa yang tidak minum susu ketika masih kecil. Penderita ini kebanyakan berasal dari kawasan Amerika Latin, Asia, Afrika, dan negara-negara berkembang.

Umumnya susu kedelai mempunyai banyak kandungan vitamin B2. Diantaranya  B2 piridoksin, niasin, dan golongan vitamin B yang tinggi. Selain itu, Vitamin lain yang terkandung di dalam susu kedelai dengan jumlah cukup banyak ialah vitamin E dan K.

Selain itu di dalam susu kedelai juga terdapat senyawa yang menyebabkan off-flavor seperti estrogen, glukosida, saponin, serta senyawa-senyawa penyebab alergi. Sehingga didalam pembuatan susu kedelai, senyawa-senyawa tersebut harus dihilangkan, sehingga dapat menghasilkan susu kedelai dengan kualitas terbaik serta aman untuk dikonsumsi.

Manfaat susu kedelai juga sangat banyak, diantaranya yaitu Mengurangi Risiko Diabetes, Mengurangi Kadar Kolesterol Darah, membuat kulit Anda terlihat lebih cantik dan sehat, Meningkatkan kolagen, Menjaga kelembaban kulit, dll. Oleh sebab itu, karena susu kedelai mengandung manfaat, serta kandungan gizi, proten yang banyak maka susu kedelai dapat menjadi pilihan sebagai pengganti susu sapi.