Manfaat bawang dayak sebagai obat diabetes

Hiperglikemia adalah meningkatnya kadar glukosa dalam darah disebabkan oleh kurangnya produksi hormon insulin, yang diperlukan dalam proses pengubahan glukosa menjadi tenaga serta sintesis lemak1 . Diabetes mellitus juga didefinisikan sebagai peningkatan glukosa darah yang berkaitan dengan tidak ada atau kurang memadainya sekresi insulin pankreas, dengan atau tanpa gangguan efek insulin2 .

Penyakit diabetes dapat menyerang semua usia dan berbagai kalangan. Semakin lama, jumlah penderita diabetes semakin bertambah. Menurut WHO (World Health Organization) pada tahun 2000 jumlah penduduk dunia yang menderita diabetes mencapai 171.230.000 orang. Diperkirakan dalam kurun waktu 30 tahun, sekitar tahun 2030, jumlahnya akan meningkat mencapai 366.210.000 orang (naik sebesar 114%).

Berdasarkan data statistik WHO, dari 10 besar negara yang memiliki penderita diabetes terbanyak, Indonesia menempati peringkat ke-4 dunia3 . Dalam UU Kesehatan Tahun 1992 tercantum bahwa yang dimaksud dengan pengobatan tradisional adalah salah satu upaya pengobatan atau perawatan yang merupakan cara lain di luar ilmu kedokteran atau ilmu keperawatan, mencakup obat, cara dan pengobatannya yang mengacu kepada pengetahuan, pengalaman dan keterampilan turun temurun baik yang asli maupun berasal dari luar Indonesia dan diterapkan sesuai dengan norma yang berlaku dalam masyarakat.

Salah satu jenis tanaman obat tradisional yang digunakan secara luas dalam masyarakat sebagai obat diabetes adalah bawang dayak (Eleutherine americana Merr). Umbi bawang berlian dipercaya mengandung berbagai macam senyawa aktif yaitu senyawa golongan triterpenoid, kuinon dan naftokuinon yang ampuh untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit4.

Selama ini penggunaan Bawang Dayak sebagai tanaman obat diabetes kebanyakan hanya berdasarkan pengetahuan turun temurun sebab penelitian tentang efek bawang berlian terhadap penurunan kadar glukosa darah masih sedikit. Oleh karena itu penulis tertarik untuk melakukan penelitian mengenai efek bawang berlian (Eleutherine americana Merr) dalam menurunkan kadar glukosa darah dengan menggunakan mencit sebagai binatang percobaan.