Cara Membuat Startup yang Sukses

Istilah startup kini kerap kita dengar karena merujuk pada sebuah perusahaan rintisan yang biasanya memiliki produk dengan basis teknologi. Di luar negeri sendiri, tren tentang startup sudah mewabah di awal millennium. Namun perkembangan teknologi dan infrastruktur pendukungnya kala itu belum mampu membawa tren bisnis ini masuk ke pasar Indonesia. Sepuluh tahun kemudian, tepatnya di tahun 2010, muncul beberapa bisnis yang diadaptasi dari startup luar negeri. Kaskus bisa dibilang menjadi salah satu bisnis rintisan yang mempelopori industri ini meski pada waktu itu Kaskus masih belum memiliki model bisnis yang jelas. Hanya bermodalkan website, Kaskus merupakan forum terbesar yang digunakan oleh penduduk Indonesia.

Cara Membuat Startup yang Sukses
Cara Membuat Startup yang Sukses

Tahun berganti tahun, akhirnya muncul beberapa perusahaan startup yang ada di Jakarta. Gojek merupakan salah satu startup di Indonesia yang menjadi pembawa angin segar untuk industri ini. Sejak kemunculannya, masyarakat semakin sadar bahwa ada sebuah jenis model bisnis baru yang bisa diadaptasi di Indonesia. Tak hanya Gojek, beberapa toko online pun muncul, mulai dari Tokobagus yang akhirnya berganti nama menjadi OLX, Tokopedia, Bukalapak, hingga beberapa marketplace yang coba merangsek industri startup di Indonesia dan membuat bisnis online semakin merajalela. Kini, tercatat ada ratusan startup yang masih dikembangkan oleh para pendirinya dengan bantuan modal dari para investor. Indonesia pun kini dikenal sebagai negara dengan pertumbuhan startup yang sangat baik di Asia Tenggara.

Membuat Startup atau Perusahaan Rintisan

Kini anak muda pun memiliki lebih banyak opsi untuk mengembangan potensi dirinya. Bagi mereka yang ingin memulai usaha, membuat startup merupakan salah satu jalan yang bisa dilakukan untuk mencari sumber pendapatan. Memang untuk membuat startup tidaklah mudah. Diperlukan beberapa hal yang harus diketahui untuk merintis usaha dengan basis teknologi. Namun tidak ada hal yang tidak mungkin, berikut beberapa tips untuk membuat startup.

Miliki Tim yang Solid

Pondasi utama dalam membuat sebuah startup adalah dengan memiliki tim yang solid. Ini merupakan hal yang sangat penting karena tim merupakan pondasi untuk bisnis startup. Ada 3 kriteria yang harus dimiliki sebuah tim. Pertama adalah ahli teknologi yang akan membuatkan aplikasi yang sesuai. Kedua adalah ahli bisnis yang akan mengatur model bisnis dan membuat road map bisnis. Ketiga adalah ‘hipster’ yang terus menelurkan ide brilian.

Mencari Masalah

Anda juga harus mengetahui masalah umum yang ingin diselesaikan. Beberapa perusahaan startup memiliki tujuan yang mulia, yakni membantu menyelesaikan masalah orang. Semakin spesifik masalah tersebut, maka semakin baik produk yang akan dikembangkan. Tak hanya itu juga, pastikan bahwa Anda menyelesaikan masalah yang dialami oleh banyak orang.

Demikian tips untuk membuat startup di Indonesia. Diperlukan perjuangan dan kerja keras untuk sukses di industri ini.